-->

Catat, Begini Proses Melakukan Balik Nama Mobil

Catat, Begini Proses Melakukan Balik Nama Mobil - Balik nama mobil merupakan sebuah proses mengubah nama pemilik kendaraan secara sah. Proses ini biasanya dilakukan ketika Anda membeli mobil bekas dan telah lunas pembayarannya. Proses balik nama mobil terbagi menjadi beberapa tahap. 

Catat, Begini Proses Melakukan Balik Nama Mobil

Proses lengkapnya balik nama mobil dapat Anda simak pada ulasan ini. Proses ini dimulai dari hal-hal apa saja yang harus Anda siapkan hingga mobil Anda selesai dibalik nama. Berikut tahap proses balik nama mobil yang harus dijalani.

Catat, Begini Proses Melakukan Balik Nama Mobil

Siapkan Berkas

Hal pertama yang harus Anda siapkan agar proses balik nama berjalan lancar, tentu saja berkas-berkas yang dipersyaratkan. Siapkan seluruh berkas atau dokumen persyaratan balik nama mobil. Pastikan dokumen tersebut sudah lengkap untuk dibawa ke Samsat.

Berkas-berkas yang dimaksud meliputi KTP, BPKB, STNK, dan surat pembelian atau kwitansi. KTP yang digunakan pada proses ini adalah KTP Anda sebagai pemilik baru kendaraan. BPKB dan STNK yang harus Anda bawa merupakan BPKB dan STNK yang masih dalam atas nama pemilik awal.

Sedangkan surat atau kwitansi pembelian biasanya telah disediakan di Polres atau Samsat sehingga Anda tidak perlu bingung mencari surat ini bila membeli pada perorangan. Surat ini disahkan dengan materai Rp. 6000. Seluruh dokumen ini harus dibawa dalam bentuk dokumen asli dan fotokopi.

Datang ke Samsat

Jika syarat berupa berkas sudah terkumpul semua, bawalah ke Samsat. Anda tidak boleh asal memilih Samsat, karena hanya Samsat penerbit BPKB yang berwenang untuk memproses balik nama mobil Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu samsat penerbit BPKB mobil.

Cek pada BPKB Anda, dan pastikan Samsat yang dituju memiliki alamat wilayah Samsat yang sama dengan yang tertera pada BPKB. Setelah sampai di Samsat, Anda harus menuju ke loket “mutasi”. Serahkan dokumen yang telah Anda bawa kepada pegawai pelayanan di loket tersebut.

Tunggu beberapa saat selama pegawai pelayanan memeriksa kelengkapan dokumen Anda. Jika dokumen sudah lengkap dan memenuhi syarat, maka dokumen tersebut akan dilegalisir oleh petugas. Kemudian, Anda akan diarahkan ke tahap yang selanjutnya.

Cek Kondisi Fisik Mobil

Tahap selanjutnya adalah pengecekkan kondisi fisik mobil. Pengecekkan ini hanya boleh dilakukan oleh petugas Samsat. Cek kondisi fisik mobil dilakukan dengan menggesek nomor rangka dan mesin mobil. Hasil pengecekkan ini akan diberikan kepada Anda untuk kemudian diserahkan kembali ke loket.

Hal pokok yang harus Anda ingat adalah proses balik nama tidaklah rumit, namun butuh kesabaran karena antriannya yang tidak sedikit. Terutama pada proses pengecekkan kondisi fisik mobil yang memakan waktu agak lama.

Oleh karena itu, pastikan persyaratan balik nama mobil Anda telah lengkap sebelumnya. Mencari waktu luang seharian untuk menjalani serangkaian proses balik nama juga bukan hal yang buruk. Atau, Anda dapat berangkat lebih awal agar mendapat nomor antrian yang lebih awal pula.

Mengisi Formulir

Setelah mendapat hasil pengecekkan kondisi fisik mobil, Anda akan diminta untuk menyerahkannya ke loket. Di loket ini pula harus mengisi formulir. Jangan lupa menyampaikan kepentingan Anda kepada petugas pelayanan, dan Anda akan diberi formulir khusus untuk mutasi dan balik nama mobil.

Isilah formulir tersebut sesuai data. Kemudian, serahkan kembali formulir yang telah diisi beserta dokumen persyaratan balik nama ke petugas pelayanan. Tunggulah beberapa saat, karena petugas tersebut harus mengecek formulir yang Anda serahkan sebelum dilegalisir.

Setelah itu, petugas pelayanan akan memberikan tanda terima kepada Anda. Tanda terima ini merupakan bukti bahwa Anda telah mengajukan balik nama mobil. Pastikan Anda menjaga tanda terima ini baik-baik untuk mengambil berkas baru.

Mengambil Berkas

Tahap terakhir dari rangkaian proses balik nama mobil, adalah mengambil berkas baru dimana telah tertera identitas Anda sebagai pemilik sah dari mobil tersebut. Untuk mengambil berkas ini dibutuhkan waktu kurang lebih satu minggu.

Pengambilan berkas dapat dilakukan di kantor Samsat tempat Anda mengajukan balik nama. 

Usahakan untuk mengambil berkas Anda sendiri. Hal ini dilakukan agar Anda dapat segera memastikan bahwa tidak ada kekeliruan pada seluruh data dan identitas yang tertera pada berkas baru.

0 Response to "Catat, Begini Proses Melakukan Balik Nama Mobil"

Posting Komentar

-->