-->

Sejarah Awal Mula Negara Penemu Sepakbola

Sejarah Awal Mula Negara Penemu Sepakbola - Sepakbola merupakan olahraga paling populer di seluruh dunia. Olahraga ini juga menjadi olahraga paling populer di Indonesia. Dengan peraturan yang sederhana dan tanpa perlu peralatan yang mahal, sepakbola sudah bisa dimainkan hanya dengan berbekal bola di tempat yang memadai.

Ada beberapa teori seputar asal muasal sepakbola. Berikut ini daftar negara yang diperkirakan telah mengenal sepakbola :

Sejarah Awal Mula Negara Penemu Sepakbola

Sepakbola Dalam Sejarah Romawi


Sepakbola diperkirakan mulai dimainkan di Romawi ataupun tepatnya di Yunani pada abad ke 4 SM. Hal ini diperkuat dengan adanya kasus kematian seseorang yang sedang bercukur lalu meninggal dunia akibat terkena sebuah bola. Di Romawi bola diisi dengan udara tersebut dinamakan Follis sedangkan permainan sepakbola itu sendiri disebut dengan istilah Episkyros.

Sepakbola Dalam Sejarah Cina


Di Cina dikenal permainan Tsucu pada abad ke 3SM. Tsu berari menendang atau menerjang sedangkan, Cu artinya Bola. Permainan ini menggunakan bola kulit dan sebuah lubang yang tergantung 3 meter diatas tanah. Permainan ini tersebar di kawasan Asia Timur seperti Korea dan Jepang. Di Jepang pula olahraga Cuju ini disebut dengan nama “Kemari”.

Sepakbola Dalam Sejarah Greenland


Di Greenland juga terdapat bukti bahwa permainan sepakbola sudah pernah dimainkan oleh penduduk asli suku Inuit. Hal ini diinformasikan oleh John Davis seorang pelaut yang singgah di Greenland pada tahun 1586M.

Sepakbola Dalam Sejarah Amerika Serikat


William Strachey juga pernah mencatat adanya permainan sepakbola yang disebut Pahsaheman oleh suku Indian pada tahun 1610 M.

Sepakbola Dalam Sejarah Australia


Ketika orang Inggris tiba di Australia, mereka juga mendapati adanya sebuah permainan yang disebut Marn Grook oleh orang-orang Aborigin.

Sepakbola Dalam Sejarah Selandia Baru


Suku Kiwi di Selandia Baru juga memiliki permainan sepakbola yang mereka sebut “Ki O Rahi”. Permainan ini dimainkan dilapangan yang berbentuk bundar, dan masing-masing tim berisikan 7 pemain.

Larangan Bermain Sepakbola Di Inggris Dan Skotlandia


Inggris sempat melarang permainan sepakbola yang dikenal Mob Football pada masa itu. Permainan ini adalah pertandingan sepakbola secara masal antara satu kota dengan kota lainnya sehingga tak jarang menyebabkan banyaknya korban jiwa akibat pertandingan ini. Larangan bermain sepakbola di Inggris ini terjadi di tahun1409M, karena sepakbola dianggap mengancam stabilitas kerajaan.

Di Skotlandia juga bernasib sama, dimana olahraga Footballdilarang dari tahun 1424M hingga 1906M. Mungkin karena pada masa itu peraturan bermain sepakbola belum sperti sekarang sehingga para pemain masih sering bertindak brutal dan menyebabkan banyak korban.

Analisa Sejarah Awal Mula Negara Penemu Sepakbola


Dari informasi diatas kita sudah mendapatkan kesimpulan bahwa sebenarnya permainan sepakbola sudah dikenal pada era kerajaan-kerajaan terdahulu namun sepakbola yang kita kenal seperti zaman sekarang, baru dimulai di Inggris.

Permainan sepakbola sangat sederhana, hanya memerlukan wahana bola dan lapangan seadanya kita sudah bisa memainkannya. Mungkin ada banyak lagi masyarakat diseluruh dunia yang juga memainkan sepakbola, namun belum terekspose. Bagaimana dengan Indonesia? Mungkinkah sepakbola juga berasal dari Indonesia? Karena kita juga memiliki permainan tradisional bernama “Bola Api” yaitu sebuah permainan yang menggunakan bola dari tempurung kelapa yang dibakar dan secara berebutan ditendang oleh orang-orang yang mengitarinya.

Bagaimanapun juga sepakbola adalah olahraga dunia yang paling memasyarakat. Secara resmi FIFA telah mengakui sepakbola berasal dari Cina, namun bukan berarti daerah yang lain diseluruh dunia ini meniru olahraga Cina itu. Terkadang selalu ada ide yang sama ditempat dan waktu yang berbeda.


Demikianlah postingan kali ini, mengenai Sejarah Awal Mula Negara Penemu Sepakbola. Semoga bermanfaat dan anda pun sudah mengetahui sejarah awal mula negara penemu sepakbola. Sekian dan terima kasih atas semuanya.

0 Response to "Sejarah Awal Mula Negara Penemu Sepakbola"

Posting Komentar

-->