-->

Arti Dan Makna Hari Kartini Bagi Kaum Wanita

Arti Dan Makna Hari Kartini Bagi Kaum Wanita - Arti dan makna hari Kartini bagi kaum wanita adalah sebagai pengingat, bahwa Bangsa Indonesia pernah memiliki seorang wanita pelopor pejuang keadilan yang sangat tangguh dan tidak mudah putus asa yang bernama Raden Ajeng Kartini,. Beliau adalah seorang Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia yang terkenal gigih memperjuangkan emansipasi atau kesetaraan gender selama hidupnya. Maka dari itu, hari kelahiran beliau terus diperingati untuk menghormati jasa-jasanya pada Bangsa Indonesia.

Lahir pada tanggal 21 April 1879 di Kota Jepara, Kartini adalah seorang bangsawan dengan gelar Raden Ajeng. Karena gelar bangsawan tersebut Kartini berhak memperoleh pendidikan dan dari pengetahuan dan pendidikan itulah beliau memahami kondisi kaum perempuan saat itu di Indonesia. Ketertarikannya dalam membaca kemudian membuat beliau memiliki pengetahuan yang cukup luas di bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Namun R.A Kartini memberi perhatian khusus pada masalah emansipasi wanita dengan membandingkan kehidupan wanita eropa dan wanita pribumi. 

Menurut beliau seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi serta kesetaraan hukum yang saat itu belum menjadi hak kaum wanita pribumi. Dalam tulisannya yang berkaitan dengan kondisi sosial dan budaya saat itu Kartini mendeskripsikan penderitaan perempuan di Jawa seperti harus dipingit, tidak bebas dalam menuntut ilmu atau belajar serta adanya adat yang mengekang kebebasan perempuan.

Pada saat itu derajat kaum perempuan Indonesia bisa dibilang sangat rendah dibandingkan kaum pria. Maka dari itulah Kartini tergerak karena tidak nyaman dengan kondisi tersebut. Beliau merasa kaum perempuan sangat direndahkan dan tidak mendapatkan perlakuan yang adil. Oleh sebab itu Kartini menyuarakan emansipasi wanita dengan mendirikan sekolah khusus wanita sehingga para perempuan Indonesia dapat merasakan pendidikan setara dengan pria. Walaupun upaya Kartini ini mendulang hambatan karena kondisi sosial dan budaya saat itu Kartini tak bisa mengabaikan begitu saja kaum wanita di Indonesia. Beliau memiliki semangat yang gigih untuk dapat meningkatkan derajat perempuan agar bisa lebih baik dari segi pendidikan. Walaupun Kartini wafat di usia yang masih muda namun cita-citanya tentang emansipasi terus berlanjut dengan munculnya sejumlah tokoh yang mendukung perjuangannya terutama dimulai dari sekolah-sekolah.

Dari perjuangan Kartini inilah kesetaraan antara kaum wanita dan pria terwujud sampai saat sekarang. Kaum perempuan memiliki hak untuk melawan dari berbagai tindakan kekerasan seperti yang terjadi dalam rumah tangga. Hukum pun sekarang menjamin kebebasan perempuan sehingga bagi mereka yang berani menyakiti perempuan dapat dikenai hukuman berat. Hal ini sungguh jauh berbeda dengan jaman dulu dimana wanita lebih banyak ditindas dan diremehkan.

Begitu besarnya dedikasi Kartini untuk memperjuangkan hak-hak kaum perempuan sehingga beliau dinobatkan sebagai pahlawan nasional sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, pada tanggal 2 Mei 1964, yang berisi penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Presiden Soekarno waktu itu juga menetapkan hari lahir Kartini, yakni pada tanggal 21 April, diperingati sebagai Hari Kartini hingga sekarang ini.

Disamping itu, Nilai-nilai idealisme juga dapat dipelajari melalui tokoh Kartini. Kartini pun mengajarkan agar setiap orang berhak untuk memiliki, menyumbangkan, dan mengembangkan pemikirannya tanpa disusupi kepentingan.
"Bahwa ternyata kalau kita berusaha, dia bisa memberikan rasionalisasi dari seluruh pikiran-pikiran besarnya dia. Sehingga dia diberi kesempatan tidak hanya untuk belajar, tapi untuk mengajar. Dia juga diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan akademisi, intelektual, dan orang-orang penting lainnya, tidak hanya di dalam tapi juga di luar negeri," ungkapnya.
Arti Dan Makna Hari Kartini Bagi Kaum Wanita

Semoga arti dan makna Kartini di tahun ini dan juga tahun‐tahun mendatang bukan sekedar memperingati dengan kegiatan‐kegiatan tapi muncul Kartini‐Kartini baru yang melegenda seperti Ibu Kartini. Sebuah bangsa akan maju tergantung pada kualitas perempuan. Dan dibalik suksesnya sebuah keluarga biasanya ada seorang perempuan yang kuat, dan tabah memikul beban sebagai seorang istri, ibu, karyawati dan seorang wanita yang baik kepribadiannya.

Habis Gelap Terbitlah Terang (Door Duisternis tot Lich) merupakan sebuah buku kumpulan surat-surat Kartini yang di kirimkan kepada sahabat-sahabatnya di Belanda. Buku tersebut merupakan bukti begitu besar keinginan seorang Kartini untuk melepaskan kaumnya dari diskriminasi yang sudah membudaya pada zamannya.

Sebagai penghormatan atas jasa-jasanya sebagai pelopor kebangkitan perempuan, Presiden Soekarno menetapkan tanggal 21 April sebagai hari lahir Kartini dan sekaligus juga menetapkan Raden Adjeng Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional yang di peringati setiap tahun. Dan sekarang dikenal dengan Hari Kartini.

Sebagai Penutup

Marilah kita bersama-sama menjadikan Hari Kartini sebagai hari yang dapat memotivasi dan menjadikan kaum wanita sebagai wanita hebat dan Kartini-Kartini lainnya pun Insya Allah akan dapat mengikuti sosok perjuangan beliau. Tak hanya itu, kita sebagai seorang laki-laki harus menghormati dan mengangkat derajat serta martabat seorang wanita. Karena tanpa seorang wanita, kita sebagai laki-laki tidak akan pernah hadir di dunia ini, jika tidak ada yang namanya wanita.

Sekali lagi, selamat Hari Raya Kartini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Arti Dan Makna Hari Kartini Bagi Kaum Wanita"

Posting Komentar

-->