-->

Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Bulu Tangkis

Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Bulu Tangkis - Permainan   bulu   tangkis   dalam   permainan   bola   kecil   merupakan   alat   pembelajaran  Pendidikan  Jasmani  Olahraga  dan  Kesehatan  dan  merupakan  upaya mempelajari manusia bergerak. Keterampilan  dalam  permainan  bulu  tangkis  dapat  juga  dikelompokkan  menjadi :
  1. Menciptakan skor;
  2. Mencegah skor;
  3. Memulai permainan.

 Peta Konsep Permainan Bulu Tangkis

Materi permainan bulu tangkis  ini harus Anda pelajari dengan mengedepankan sikap kehidupan beragama (berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan), mencerminkan   sikap   dan   perilaku   sportif   dalam   bermain,   bertanggung   jawab  dalam  penggunaan  sarana  dan  prasarana  pembelajaran  serta  menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar juga menghargai perbedaan  karakteristik  individu  dalam  melakukan  berbagai  aktivitas  fisik,  menunjukkan kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik, serta mau menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.

Amati dan cari informasi tentang variasi dan kombinasi keterampilan teknik permainan bulu tangkis dari berbagai sumber media cetak atau elektronik atau teman yang sedang melakukan kegiatan. Secara bergantian, saling bertanyalah tentang hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan gerak  dasar bulu tangkis seperti manfaat permainan bulu tangkis terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan  dipergunakan  dalam  permainan  bulu  tangkis  serta  sikap  apa  yang  dapat  dikembangkan  dalam  pembelajaran  melalui  permainan  bulu  tangkis  terhadap pribadi peserta didik.

Negara asal permainan bulu tangkis sampai saat ini belum diketahui dengan pasti.  Dokumen-dokumen  sejarah  membuktikan  bahwa  permainan  tersebut  dijumpai di negara Cina yang dimainkan dengan raket kayu dan sebuah bola yang berbulu. Ada dituliskan pula bahwa dalam abad ke–12 permainan bulu tangkis dimainkan di puri-puri bangsawan di Inggris. Di India, bulu tangkis dimainkan  di  Poona  dan  karena  itu  permainan  itu  dinamakan  permainan  “poona”, sekitar tahun 1870. Jadi, belum dapat ditentukan dengan pasti apakah perwira  Inggris  membawa  permainan  itu  ke  India  atau  sebaliknya.  Nama  “badminton”  berasal  dari  nama  kota  Badminton  di  wilayah  Glousectershire,  yang tidak jauh letaknya dari Bristol. 

Dalam konteks kecabangan olahraga formal, peraturan permainan bulu tangkis pertama dibuat dalam tahun 1877, kemudian direvisi pada tahun 1887. Revisi berikutnya diadakan pada tahun 1890, selanjutnya revisi dilakukan hingga saat ini. Kejuaraan All England yang pertama diselenggarakan dalam tahun 1897 dan  diselesaikan  dalam  satu  hari.  Pertandingan  All  England  yang  pertama  ini  merupakan  sukses  besar  bagi  perkembangan  permainan  bulu  tangkis  di  Inggris. International Badminton Federation atau IBF didirikan pada tanggal 5  Juli  tahun  1934  oleh  negara-negara  Inggris,  Kanada,  Denmark,  Perancis,  Irlandia, Belanda, Selandia Baru, Skotlandia dan Wales. 

Semula IBF akan menyelenggarakan suatu kompetisi internasional pada tahun 1939,  tetapi  dengan  pecahnya  perang  Dunia  ke-II,  kompetisi  itu  baru  dapat  dilaksanakan pada tahun 1948/1949. Untuk juara kompetisi antar negara itu telah  disediakan  sebuah  piala  bergilir,  dihadiahkan  oleh  sir  George  Thomas.  Piala tersebut kemudian dikenal dengan nama “Thomas Cup”, yang sebetulnya bernama “The International Badminton Championship Challenge Cup”.  
Lapangan permainan bulu tangkis

A.Variasi Memegang Raket dan Servis Forehand dan Backhand

1. Melakukan servis tinggi/panjang forehand secara menyilanga)

  • Dilakukan berpasangan/kelompok.
  • Yang telah melakukan servis bergerak berpindah tempat.Latihan ini dilakukan berpasangan atau berkelompok untuk menanamkan nilai-nilai kerja sama, keberanian, sportivitas.
Servis forehand panjang menyilang

2.Melakukan servis pendek forehand secara menyilang 

  • Dilakukan berpasangan atau kelompok
  • Yang telah melakukan servis bergerak berpindah tempat.Latihan    ini    dilakukan berpasangan    atau    berkelompok    untuk    menanamkan nilai-nilai kerja sama, keberanian, sportivitas.

3.Servis pendek backhand secara menyilang

  • Dilakukan berpasangan atau kelompok.
  • Yang telah melakukan pukulan servis bergerak berpindah tempat.Latihan    ini    dilakukan berpasangan    atau    berkelompok    untuk    menanamkan nilai-nilaikerja sama, keberanian, sportivitas.
Servis pendek backhand menyilang

B.Variasi Memukul Forehand dan Backhand

Untuk  mempelajari  cara  memukul  forehand   dan   backhand  dilakukan  kegiatan-kegiatan  bermain  secara  sederhana  atau  tugas  latihan  sebagai  berikut.

a. Melakukan pukulan forehand  dengan arah bola lurus

  • Bola dipukul/diumpan teman. 
  • Dilakukan berpasangan atau kelompok. 
  • Yang telah melakukan pukulan forehand, bergerak berpindah tempat. Latihan  ini  dilakukan  untuk  menanamkan  nilai-nilai  kerja  sama,  keberanian, sportivitas.
pukulan forehand lurus


b. Melakukan pukulan forehand menyilang lapangan

  • Bola dipukul/diumpan teman.
  • Dilakukan berpasangan atau kelompok.
  • Yang telah melakukan pukulan forehand bergerak berpindah tempat.Latihan  ini  dilakukan  untuk  menanamkan  nilai-nilai  kerja  sama,  keberanian, sportivitas.
Pukulan forehand menyilang

c. Melakukan pukulan backhand dengan arah bola lurus 

  • Dilakukan berpasangan atau kelompok.
  • Bola dipukul/diumpan oleh teman.
  • Yang telah melakukan pukulan backhand  bergerak berpindah tempat.Latihan  ini  dilakukan  untuk  menanamkan  nilai-nilai  kerja  sama,  keberanian, sportivitas
Pukulan backhand lurus


d. Melakukan pukulan backhand dengan arah bola menyilang lapangan

  • Dilakukan secara berpasangan atau kelompok.
  • Bola dipukul/diumpan teman.
  • Yang telah melakukan pukulan backhand bergerak berpindah tempat.Latihan  ini  dilakukan  untuk  menanamkan  nilai-nilai  kerja  sama,  keberanian, sportivitas.
 
Pukulan backhand menyilang

 C. Bermain Bulu Tangkis dengan Peraturan yang Dimodifikasi

1. Bermain  3  lawan  3  dengan  melalui  teknik  pukulan  forehand  dan  backhand overhead.

  • Pihak  yang  bolanya  banyak  mati  dianggap  kalah  (dilakukan  8-10  menit).
  • Permainan  diawali  dengan      pukulan      servis forehand (pendek/jauh)  dan  backhand.
  • Dalam pergerakan, pemain tidak boleh bersentuhan baik badan maupun raket.
  • Sebelum memukul bola, harus menyebutkan nama teman yang akan diberikan bola
 
Bermain  menggunakan  pukulan  backhand atau forehand 3 lawan 3

2. Bermain  3  lawan  2  dengan  melalui  teknik  pukulan  forehand  dan  backhand overhead 

  • Pihak  yang  bolanya  banyak  mati  dianggap  kalah  (dilakukan  8-10  menit). 
  • Permainan  diawali  dengan      pukulan      servis forehand (pendek/jauh)  dan  backhand.
  • Dalam  pergerakan, pemain tidak boleh bersentuhan baik badan maupun raket.
  • Sebelum memukul bola, harus menyebutkan nama teman yang akan diberikan bola. 
 
Bermain   menggunakan   pukulan   backhand atau forehand 3 lawan 2
Ada beberapa tujuan dari kegiatan bermain bulu tangkis yang dimodifikasi, di antaranya seperti berikut.
  1. Untuk menerapkan teknik-teknik dasar yang telah dipelajari. 
  2. Agar  Anda  dapat  menentukan  posisi  dalam  tim  sesuai  dengan  keterampilan masing-masing.
  3. Agar  Anda  mendapatkan  taktik  dan  strategi  dalam  bermain  bulu  tangkis. 
  4. Agar Anda dapat mengidentifikasi saat yang tepat untuk melakukan penyerangan dan pertahanan. 
  5. Agar  Anda  dalam  bermain  lebih  bersifat  rekreatif  dan  menggem-birakan.
  6. Untuk menanamkan nilai-nilai kerja sama, keberanian, sportivitas.
  7. Untuk  meningkatkan  dan  mengembangkan  kesehatan/kebugaran  tubuh.
Nah, demikianlah postingan yang admin bagikan kali ini mengenai Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Bulu Tangkis. Semoga bermanfaat dan wawasan serta pengetahuan anda semakin bertambah setelah membaca artikel ini. Jangan lupa baca juga Permainan Bola Kecil Melalui Aktivitas Permainan Softball.

0 Response to "Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Bulu Tangkis"

Posting Komentar

-->