-->

Mengenal Kelebihan Kurikulum Merdeka, Lebih Baik Atau Malah Sebaliknya?

Mengenal Kelebihan Kurikulum Merdeka, Lebih Baik Atau Malah Sebaliknya? - Salah satu bentuk keseriusan pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu menghadirkan kurikulum Merdeka. Tentu kamu pernah mendengar istilah kurikulum yang sudah diterapkan dalam pendidikan Indonesia itu bukan? Lantas bagaimana tanggapanmu terkait kurikulum terbaru tersebut?
 
Seperti yang kita tahu saat ini kurikulum Merdeka sudah berjalan pada semua jenjang pendidikan. Namun ternyata masih banyak orang yang tidak tahu kelebihan yang diusung oleh kurikulum tersebut. Padahal diyakini jika kurikulum tersebut bisa meningkatkan minat belajar siswa di seluruh Indonesia.
 
Jika kamu belum tahu apa saja kelebihan dari kurikulum Merdeka itu, maka artikel kali ini sangat tepat. Sebab kami akan membahas berbagai kelebihannya yang akan disukai oleh semua siswa. Untuk itu kamu harus mengikuti artikel kali ini sampai titik akhir agar tahu jawabannya.

 
 
Lantas apa saja sih kelebihan dari kurikulum terbaru yang ada di dunia pendidikan Indonesia ini. Berikut ulasan selengkapnya!

Berikut Kelebihan Kurikulum Merdeka :

Sebelum masuk pada pembahasan inti, perlu kamu tahu jika hadirnya kurikulum Merdeka tersebut memang bertujuan mencerdaskan bangsa. Sehingga pro dan kontra yang hadir dari adanya kurikulum terbaru itu harus disikapi dengan bijaksana. 

Kita hanya perlu fokus pada tujuan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan tanah air. So, mari masuk pada pembahasan inti yaitu beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh kurikulum Merdeka tersebut!

1. Lebih Sederhana.

Salah satu kelebihan utama dari kurikulum Merdeka yaitu lebih sederhana dalam meningkatkan kecerdasan siswa. Pendidikan Indonesia memang harus ditingkatkan dari berbagai aspek, salah satunya yaitu sistem belajar mengajar. Hadirnya kurikulum terbaru ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara sederhana.

Dalam hal ini sederhana yang dimaksud yaitu fokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik sesuai pada fase masing-masing. Sehingga proses belajar menjadi lebih bermakna, mendalam dan tentunya lebih seru. Jadi itu dia kelebihan pertama dari kurikulum terbaru yang ada di Indonesia.

2. Sesuai Kebutuhan.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh kurikulum Merdeka yaitu hadir sesuai dengan kebutuhan siswa. Sistem pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan anak didik agar hasilnya lebih optimal. Hal ini tentu merupakan bentuk kesadaran pemerintah agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. 

Dalam kurikulum terbaru ini sekolah dan guru diberikan kebebasan untuk memilih metode pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa. Setiap sekolah memiliki kebijakan tersendiri untuk menganalisis kebutuhan siswanya. Dengan begitu siswa akan lebih menyukai proses belajar mengajar yang diterapkan di sekolah tersebut.

3. Meningkatkan Kreativitas.

Kelebihan ketiga yang dimiliki oleh kurikulum Merdeka yaitu mampu meningkatkan kreativitas dari para siswa. Hal ini tak lepas dari keberadaan kegiatan-kegiatan menentang dan bervariasi. Sehingga siswa mampu mengeluarkan bakat mereka pada kegiatan-kegiatan tersebut.

Adanya kelebihan yang ketiga ini tentu bisa mengangkat potensi yang ada pada seluruh siswa. Dengan begitu maka kualitas pendidikan di tanah air akan meningkat dan mampu menghasilkan orang-orang kreatif. Jadi itu dia kelebihan ketiga yang dimiliki oleh kurikulum terbaru yang ada dalam dunia pendidikan tanah air.

Ada banyak sekali kelebihan yang diusung oleh kurikulum merdeka. Tiga diantaranya telah kita bahas pada ulasan yang telah kamu baca di atas. Semoga dengan adanya informasi yang kami bagikan ini mampu menambah pengetahuan kamu tentang kurikulum yaitu kurikulum Merdeka.

0 Response to "Mengenal Kelebihan Kurikulum Merdeka, Lebih Baik Atau Malah Sebaliknya?"

Posting Komentar

-->