-->

Sejarah Kemerdekaan Negara Timor Leste

Sejarah Kemerdekaan Negara Timor Leste - Pada kali ini, admin akan membagikan postingan artikel yang ada kaitannya dengan Sejarah Kemerdekaan Negara Timor Leste. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda menyimak penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Kemerdekaan Negara Timor Leste

Timor Leste merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang beribukota Dili. Timor Leste merupakan bagian Indonesia (diakui sebagai Provinsi- “Timor Timur”) sebelum akhirnya Timor Leste berhasil memerdekakan diri pada tahun 1999.

Jauh sebelum kedatangan bangsa Eropa, Timor Leste atau lebih dikenal di Indonesia sebagai Timor Timur telah ramai didatangi bangsa India dan Cina untuk berdagang dan membeli bahan-bahan berharga dari Timor Leste saat itu seperti Rempah-rempah, madu dan bahan lilin.

Baru pada tahun 1769 Portugis membangun Koloni di Timor Leste, tepatnya di Dili, sejak saat itu secara perlahan Portugis mulai menyebarkan pengaruhnya dibeberapa kawasan di pulau Timor tersebut. Pada tahun 1914 dibuat kesepakatan antara pemerintah Portugis dan Belanda untuk menentukan perbatasan kawasan masing-masing terhadap pulau Timor, dimana Belanda berhak menguasai wilayah Barat pulau Timor, sedangkan Portugis terkosentrasi di wilayah Timur pulau Timor.

Timor Leste menjadi penghasil Kopi bagi Portugis dan memberikan Portugis sangat banyak keuntungan finansial. Hingga akhirnya pada tahun 1974 ketika terjadi kekacauan politik di Portugal, pengaruh kolonial Portugis di Timor Leste juga melemah, hingga akhirnya partai Komunis Timor Leste mengusir Portugis. Fretilin yang merupakan pihak paling berpengaruh dan beraliran komunis di Timor Leste sepeninggalan Portugis berusaha untuk memperluas kekuasaan mereka, namun ini ditentang oleh sebagian masyarakat Timor Leste yang lain. 

Hingga pada akhirnya pada tahun 1975, Indonesia dibawah jaminan negara barat mulai menginvasi Timor Leste dan hasilnya pada tanggal 17 Juli 1976 Timor Leste diresmikan menjadi provinsi ke 7 Indonesia yang lebih dikenal dengan nama Timor Timur.

Namun sejak ditaklukkan Indonesia dan resmi menjadi bagian dari Indonesia, tidak membuat masyarakat Timor Leste yang dulu pernah berjuang menentang penjajahan Portugis meresa senang. Mereka tetap menyusun pergerakan bawah tanah untuk memisahkan diri dari Indonesia, perjuangan mereka membuahkan hasil ketika akhirnya pada tanggal 20 Mei 2002 Timor Leste resmi menjadi negara merdeka dan diakui PBB.

Sejarah Timor Leste yang berkaitan erat dengan bangsa Indonesia ini memang sangat menarik. Bagi umumnya masyarakat Indonesia dengan lepasnya Timor Leste menjadi negara merdeka mengesankan bahwa Timor Leste lepas sebagai saudara bukan sebagai jajahan, tetapi kita tidak benar-benar merasakan apa yang dirasakan masyarakat Timor Leste, karena sebagian masyarakat Timor Leste yang lain selalu menganggap bahwa Indonesia adalah penjajah negara mereka seperti Portugis dan Jepang yang pernah menguasai mereka suatu ketika dulu.

Lagu Kebangsaan Timor Leste : Patria 

Pátria, Pátria, Timor-Leste, nossa Nação.
Glória ao povo e aos heróis da nossa libertação.
Pátria, Pátria, Timor-Leste, nossa Nação.
Glória ao povo e aos heróis da nossa libertação.
Vencemos o colonialismo, gritamos:
abaixo o imperialismo.
Terra livre, povo livre,
não, não, não à exploração.
Avante unidos firmes e decididos.
Na luta contra o imperialismo
o inimigo dos povos, até à vitória final.
Pelo caminho da revolução.

 Terjemahan Lagu Kebangsaan Timor Leste

    Tanah air, tanah air, Timor Leste negara kita,
    Kejayaan bagi rakyat dan pejuang-pejuang kemerdekaan
    Tanah air, tanah air, Timor Leste negara kita,
    Kejayaan bagi rakyat dan pejuang-pejuang kebebasan
    Kita taklukkan kolonialisme, Kita berseru:
    "Hancurkan Imperialisme!"
    Negeri merdeka, rakyat merdeka,
    katakan tidak, tidak, tidak kepada penindasan.
    Majulah semua, bersatu teguh, penuh ketekatan
    Dalam perjuangan menentang imperialisme,
    musuh rakyat, Menuju kemenangan terakhir,
    maju ke revolusi.

 Youtube.com video lagu kebangsaan Timor Leste 



Itulah postingan dan penjelasan yang admin bagikan tentang Sejarah Kemerdekaan Negara Timor Leste. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu dan pengetahuan sejarah anda lebih luas lagi. Ayo semnagat belajarnya ya.

0 Response to "Sejarah Kemerdekaan Negara Timor Leste"

Posting Komentar

-->